Friday, September 6, 2019

Panel Capacitor Bank 500KVAR - 440 VAC (Auto dan Manual 10 Step)

PANEL CAPACITOR BANK 500KVAR - 440VAC ( AUTO & MANUAL ~ 10 STEP )


Sebelum membahas tentang material instalasi listrik ini, kami infokan bahwa kami telah memproduksi panel ini dan memasarkannya untuk kebutuhan dalam kebutuhan kelistrikan yang handal dan tepat guna. Hubungi kami 082228823880 (Sugiharto)  jika membutuhkannya.

Kapasitor bank yang sering dipasang pada industri atau pabrik–pabrik yang memiliki kebutuhan daya listrik besar. Namun saat ini kapasitor bank juga telah digunakan pada rumah-rumah dengan tujuan menghemat daya listrik yang dikeluarkan.
 

Fungsi Kapasitor Bank

Fungsi kapasitor bank yang paling utama yaitu sebagai penyeimbang muatan induktif. Seperti yang kita ketahui muatan listrik terdiri dari muatan reaktif (R), induktif (L) dan capasitif (C).
Di mana kelengkapan listrik yang sering dipakai dan dijumpai memiliki karakteristik induktif, sehingga untuk menyeimbangkan karakteristik muatan listrik yang demikian perlu diaplikasikan kapasitor yang berperan sebagai muatan kapasitif.
Fungsi kapasitor Bank adalah untuk memperbaiki faktor daya jaringan, mengurangi kerugian jaringan, menetralkan atau meniadakan tegangan yang turun dan memperbaiki stabilitas tegangan. Ada beberapa fungsi kapasitor bank lainnya:

1. Menghemat tagihan listrik
Kapasitor bank dinilai dapat menghemat tagihan listrik. Angka penghematan yang dihasilkan ini tergantung pada peralatan elektronik atau kelistrikan yang digunakan pada rumah atau tempat industri.

2. Memperpanjang umur peralatan elektronik
Dengan menggunakan kapasitor bank peralatan elektronik tidak akan cepat rusak. Hal ini dikarenakan daya listrik yang digunakan oleh peralatan elektronik tersebut menjadi stabil dengan ka[asitor bank. Arus listrik yang naik turun atau tidak stabil akan membuat peralatan elektronik cepat mengalami kerusakan.

3. Memaksimalkan daya terpasang
Dengan kapasitor bank distribusi aliran listrik menjadi lancar dan daya yang terbuang sia-sia. Misal anda memilik lampu dengan daya 5 watt maka daya yang digunakan akan tetap 5 watt

4. Menjaga kabel instalasi dari Overload (kelebihan beban)
Fungsi kapasitor bank lainnya adalah menjaga kabel instalasi tidak kelebihan beban daya. Kabel yang tidak kelebuhan tidak akan mengalami panas berlebihan pada sebuah instalasi listrik di rumah atau tempat industri. Salah satu cara mengetahui apakah instalasi listrik anda kelebihan beban adalah coba untuk memegang tembok yang dekat dengan instalasi listrik. Jika panas, maka instalasi listik mengalami kelebihan beban daya.

5. Listrik Tidak Mudah Anjlok
Dengan kapasitor bank instalasi listrik yang terpasang tidak mudah anjlok atau turun pada saat pemakaian dengan beban maksimal.
Setelah mengetahui fungsi kapasitor bank diatas anda pasti tertarik untuk mencoba alat ini. Kapasitor bank dinilai mampu menghemat listrik. Namun sebenarnya ada beberapa cara lain untuk menghemat listrik tanpa kapasitor bank.
 


Kata kunci : kapasitor bank

Berikut terinstal material-material pada sebuah panel Capacitor Bank 500 KVAR - 440 VAC


Konsumsi   energi   listrik   pada   sebuah gedung sebagai pemakai energi listrik  setiap  bulannya  dapat  diketahui melalui kWh meter PLN atau rekening listrik yang   mencantumkan   kondisi   blok   Waktu Beban  Puncak  (WBP),  Lewat  Waktu  Beban Puncak (LWBP), dan biaya kVArh, sehingga berdasarkan rekening listrik tersebut besarnya biaya     pemakaian     energi     listrik yang ditetapkan pada pemakaian  setiap bulannya dapat diketahui. Salah   satu   faktor   penyebab   besarnya biaya  pemakaian  energi  listrik  sebuah gedung sebagai contohnya  yaitu  adanya penggunaan beban induktif yang cukup besar misalnya penggunaan  motor  pompa  sistem  pendingin primer dan sistem pendingin sekunder, motor cooling  sebuah tower dan  lain  sebagainya.  Dampak dari  besarnya  penggunaan  beban  induktif  ini dapat  terlihat  pada  rekening  listrik  sebuah pemakaian energi listrik di sebuah gedung yaitu  pada   biaya  beban  reaktif kVArh  dan  menurunya  faktor  daya  (cos) kurang dari 0,85.  Upaya   yang   dapat   dilaksanakan   dalam mendukung program penghematan pemakaian energi listrik di lingkungan pemakaian seperti contohnya pada sebuah gedung yaitu    dengan  cara  pemasangan kapasitor bank kapasitas   500   kVAr   pada masing-masing train A,   B   dan   C   busbar utama   I   BHA,   BHB   dan   BHC   melalui beberapa tahap kegiatan antara lain perhitungan kapasitas kapasitor bank masing-masing train,  pembuatan  gambar  tata  letak panel  kapasitor bank di  ruang  gedung bengkel,    penarikan    kabel incoming dan outgoing dan uji fungsi panel kapasitor bank. Tujuan   pemasangan   kapasitor bank ini antara  lain  untuk  menjaga  agar  nilai  faktor daya  tidak  turun  dari  nilai  yang  diharapkan yaitu  lebih  besar  dari  0,85  sehingga  tidak terkena biaya beban reaktif kVArh.
 

No comments:

Post a Comment