Monday, December 10, 2018

Mengurus Sertifikat layak Operasi Instalasi Gedung / bangunan s/d Daya 197.000 VA

Hubungi : 081338129410 (Ketut Rudi) melayani pembangunan instalasi, perbaikan instalasi, konsultasi dan pengurusan SLO di Lembaga Inspeksi Teknik Yang ada di Kupang.
Sebelumnya kami membahas mengenai cara pengurusan SLO (Sertifikat Layak Operasi), berikut kami sharing biaya pemeriksaan Instalasi dan Pemanfaatan Energy Listrik tersebut agar tidak terjadi penyimpangan dan salah pengertian agar mempercepat pengurusan dan memangkas birokrasi yang panjang untuk tercapainya pemanfaatan energy listrik yang Aman, handal dan terpercaya. Biaya -biaya dalam pemasangan instalasi baru pada umumnya terdiri dari :
  • Biaya Pengerjaan Instalasi oleh Biro teknik meliputi pembelian material dan bahan, tenaga kerja, mobilisasi dan penerbitan gambar teknik. Biaya - biaya ini tentunya bervariasi tergantung banyaknya titik instalasi dan bahan serta material yang digunakan yang memiliki kelas luxury tersendiri (Khusus pada material yang membutuhkan kesenian dan keindahan seperti stop kontak dan saklar). Namun material dan bahan standar adalah bersertifikat SNI. gambar teknik merupakan syarat mutlak sebelum lembaga LIT memeriksa hasil pekerjaan instalasi. Tunjuklah Instalatir yang telah terdaftar di DJK dengan perijinan yang lengkap sebagai penyedia teknik instalasi.
  • Biaya Mengurus SLO 

Pembayaran SLO untuk pengecekan dapat dilakukan setelah melakukan instalasi dengan memilih Biro Teknik atau perusahaan yang bergerak dibidang kelistrikan yang tentunya masih memiliki dokumen perusahaan yang masih aktif dan terdaftar di DJK.

Biaya instalasi rumah sederhana adalah kisaran Rp. 1.200.000,- yakni sejumlah 1 stop kontak dan 3 Mata Lampu sudah termasuk harga material dan Jasa Pemasangan. Sedangkan biaya pembayaran Biaya penyambungan dilakukan sendiri oleh pemilik instalasi sesuai daya yang dikehendaki di kantor - kantor pelayanan PT. PLN (Persero) wilayah NTT.

SLO dapat diurus dengan menyertakan gambar teknik pemasangan yang dikeluarkan oleh Biro Teknik terdaftar DJK, kordinat rumah atau tempat instalasi dan foto-foto bukti bahwa instalasi sudah terpasang sebagai bahan pemeriksaan awal lewat foto. Foto terdiri dari instalasi utama yakni Tempat pemasangan KWH meter beserta arde, Stop kontak serta saklar dan fitting lampu sehingga tergambar jelas alur kabel-kabel instalasi.

Banyak yang melakukan instalasi sendiri hingga akhirnya susah dalam mengurus SLO, namun kami bersedia membantu memeriksa instalasi anda kemudian menggambarkan denah instalasi anda serta membuatkan segala kebutuhan pemeriksaan seperti dipaparkan diatas. Biayanya sesuai daya terpasang untuk SLO dan biaya pemeriksaan kami sebagai biro teknik adalah Rp 250.000 untuk instalasi rumah sederhana termasuk perumahan-perumahan bersubsidi di Kota kupang. Kemudian ditambah biaya SLO sendiri yang akan dibayarkan ke Lembaga Inspeksi Teknis. Seperti Contoh pengurusan SLO daya 1300 VA adalah Rp. 250.000,  + Rp. 95.000 = 345.000,- kondisi ini apabila sudah terpasang instalasi pada bangunan anda. Untuk daya lainnya silahkan dapat berkomunikasi pada nomor telp diatas.



Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment